Kisah Lance Armstrong, Seorang Pembalap Tersesat yang Kini Telah Menemukan Jalannya

Kisah Lance Armstrong, Seorang Pembalap Tersesat yang Kini Telah Menemukan Jalannya

Anda mengenal Lance Armstrong? Ya, dia adalah seorang pembalap sepeda yang sangat fenomenal. Maksud tersesat dalam judul bukanlah tersesat saat melakukan balap sepeda, tapi tersesat dalam hidupnya. Agar Anda lebih paham, berikut disajikan lebih lanjut tentang kisah Lance Armstrong.

lance armstrong

Lance Armstrong merupakan pembalap sepeda dengan nama asli Lance Edward Gunderson. Dia menjadi pembicaraan hangat di tahun 2012 kemarin karena pengakuannya menggunakan doping saat sedang bertanding.

Lance Armstrong , From Zero to Hero

Ungkapan tersebut tentunya sangat menginspirasi, begitu pula yang terjadi pada Lance Armstrong sebelum kasus doping nya terungkap. Waktu itu karir Lance Armstrong sebagai pembalap terancam gagal karena kanker testis stadium tiga yang dideritanya.

Namun dia tidak mudah menyerah, dia melakukan segala cara untuk sembuh, termasuk melakukan serangkaian kemoterapi. Usaha dan perjuangannya benar-benar mengasilkan karena pada tahun 1998, dia dinyatakan sembuh dari kanker testis yang dideritanya.

lance armstrong from zero to hero

Dia pun bangkit lagi dan berlatih lebih keras agar bisa mengikuti balap sepeda. Akhirnya setahun kemudian, tepatnya di tahun 1999 Lance Armstrong mengikuti lomba balap sepeda yang paling bergengsi yaitu Tour de France. Hasil yang didapat pun tak tanggung-tanggung. Dia berhasil menjadi juara utama. Dan hal tersebut berlangsung selam tujuh tahun (1999 hingga 2005).

Sejak saat itu dia menjadi fenomenal, banyak dijadikan sumber inspirasi oleh sebagian besar orang, khususnya para penderita kanker. Namanya juga banyak muncul di situs, program, dan seminar motivasi. Dia seolah-olah menjadi simbol harapan bagi sebagian besar orang yang ingin sukses.

Itu tadi kisah Lance Armstrong from zero to hero. Selanjutnya akan kita bahas kisahnya yang from hero to zero.

Lance Armstrong, From Hero to Zero

Kisah ini merupakan titik balik dari kisah sebelumnya. Lance Armstrong yang sebelumnya dielu elukan kini menjadi contoh negatif dari kehidupan seseorang setelah badan Anti Doping Amerika Serikat (USADA) membuktikan bahwa Lance Armstrong selama ini melakukan doping.

kasus doping lance armstrong

Sebenarnya kecurigaan USADA sudah dari tahun 1999 saat Lance Armstrong pertama kalinya memenangkan kejuaraan Tour de France. Kecurigaan tersebut timbul karena Lance Armstrong baru sembuh dari penyakit dan sudah melakukan latihan berat untuk mempersiapkan pertandingan. Jika dilogika, kondisi fisiknya tidak memungkinkan dia untuk menjadi pemenang.

Sejak saat itu USADA selalu berusaha untuk mengungkapkan kecurigaan mereka, Namun hal tersebut selalu gagal karena Lance Armstrong selalu mendapatkan hasil tes negatif saat melakukan tes doping.

Beberapa tahun kemudian baru terkuak penyebab tes Lance Armstrong selalu negatif. Penyebabnya yaitu karena selama ini dia selalu dibantu oleh Michelle Ferarri, seorang dokter yang melakukan doping dengan sistem yang canggih.

Lanve Armstrong hampir melakukan semua jenis doping. Dia mendapat julukan “The Boss” karena hal tersebut. Kabarnya Lance Armstrong bahkan memprovokasi teman-teman setimnya agar menggunakan doping juga. Hal tersebut dilakukan agar dia terlindungi saat dicurigai agen USADA.

lance armstrong

Lance Armstrong dan teman-temannya bahkan memiliki mata-mata khusus untuk mendeteksi para agen anti doping. Mereka melakukan segala cara yang membuat hasil tes doping mereka negatif. Hal tersebut ternyata berhasil diketahui setelah rekan setim Lance memberikan kesaksian.

Lance Armstrong pun tidak bisa membuat alasan lagi, dia akhirnya mendapat karma atas hal tidak jujur yang diperbuatnya. USADA akhirnya melaporkan hal tersebut pada UCI (badan sepeda Internasional) dan UCI memberikan hukuman pada Lance yaitu mencabut semua gelar dan penghargaan kemenangannya. Para sponsor pun banyak yang menuntut uang hadiah yang sebelumnya ia dapatkan.

Demikian tadi kisah dari Lance Armstrong, semoga kita bisa mengambil pelajarannya.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *